Sabtu, 05 Desember 2009

IT Service support - apasih ?

Rasanya sdh lama sekali nggak nulis disini...sibuk kerja dan kuliah. Tapi perubahan posisi kerja kemarin cukup membingungkan karena tidak disertai petunjuk dan job desc yang jelas. Namun untung ada Internet ya...bingung ? tanya saja sama pak dhe google.



Ternyata didunia operasional IT ada standar yang cukup bagus digunakan yang disebut ITIL. Kelihatannya kelebihan ITIL ini terutama di standar operasional yang ada di bagian IT Service support dan IT Service Delivery, dibandingkan dengan di standar lainnya. Bagusnya lagi setelah baca-baca sedikit ebooknya hasil "curian" waktu training Security di Bandung, ternyata standar IT Service Support yang ada disitu bisa memecahkan masalah operasional yang selama ini dirasakan. Saat ini ITIL sudah keluar versi 3 nya, namun untuk bagian IT Service support dan delivery kelihatannya tidak beda dgn versi sblmnya



Kendala operasional , mungkin krn terlalu terlibat didalamnya, kadang jadi sulit dirumuskan apalagi disolusikan, cuma bisa dirasakan. Ketika membaca ITIL ini jadi paham apa kendala yang sebenarnya terjadi dan solusinya seperti apa.



Didalam ITIL, IT Service support dibagi menjadi beberapa proses yang dikelola secara kontinyu, diantaranya :


  • Service Desk

  • Insiden Management

  • Problem Management

  • Configuration Management

  • Change Management

  • Release Management

  • dan membahas tentang software yang dipakai untuk membantu Service

Dan ternyata, selama ini kami hampir-hampir tidak pernah menerapkan Problem Management, Change Management, Releasse Management, Configuration Manegement. Akibatnya terasa ada beberapa hal yang sering terlewat dalam operasional, seperti tiba-tiba muncul aplikasi baru yang tidak kita tahu kapan diimplementasikannya, banyak insiden yang berulang-ulang karena tidak pernah problemnya diselesaikan, data-data konfigurasi tersimpan di otak otak teknisi sehingga sangat bergantung pada mereka dalam operasional hariannya.


Huh......jika prinsipnya kerja nggak kerja gajinya sama...beginilah jadinya.



Tidak ada komentar: