Kamis, 15 Mei 2008

Menjaga kinerja layanan IT

Menjaga kinerja layanan IT yang terdiri dari berbagai aplikasi dan infrastruktur jaringan dan desktop tidak bisa hanya dilakukan dengan metode yang manual dan responsif. Harus dibangun sebuah sistem yang menjamin bahwa layanan IT berjalan sesuai dengan standard kinerja yang disepakati dan secara proaktif mendeteksi problem yang terjadi untuk memberikan alert sebelum problem yang sebenarnya dirasakan oleh user.

Saya kebetulan terdampar didunia IT, yang pertama terbayang dibenak saya, bagaimana saya bisa mengelola semua ini ?
Akhirnya saya memakai sistem monitoring kinerja layanan IT dengan memanfaatkan software Opensource Polymon. Software ini cukup fleksibel untuk digunakan memonitor aplikasi maupun node-node jaringan yang tersebar luas dan yang pasti gratis.

Hasilnya cukup bagus, gangguan dapat dideteksi lebih awal dan kinerja lebih terukur sehingga kita bisa membuktikan " ini lho kerja kita "!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb.
Bagaimana standarisasi dari memonitoring serangan di dalam jaringan sehubungan dengan hardware yang akan saya buat, karena akan di representasikan lingkup IS.Kemungkinan akan dibuat alarm pendeteksi sekaligus penangannya selama batasan di dalam rulesnya.
sehubungan dengan berakhirnya KP kami, apa ada nilai secara tertulis atau ketikan komputer meskipun pihak kampus tidak mempertanyakanna
terimakasih
wassalamualaikum wr.wb